Definisi Linguistik Historis, Linguistik Komparatif, dan Linguistik Historis Komparatif

    

            Linguistik historis ini memiliki definisi yakni cabang dari ilmu sebuah linguistik yang membahas mengenai perkembangan dan perbandingan antara bahasa-bahasa. Sedangkan linguistik komparatif yakni perbandingan dua bahasa yang ada. Jadi, yang dimaksudkan, linguistik komparatif merupakan perbandingan bahasa yang satu dengan lainnya untuk mengetahui persamaan bahasa. Menurut teorinya Robins (1975), linguistik komparatif, yang termasuk dalam bidang penelitian bahasa, memainkan peran yang sangat penting dalam memahami sifat kerja bahasa serta perkembangan (perubahan) bahasa di dunia ini. 

               Tugas utama linguistik yang komparatif adalah menganalisis dan menjelaskan sifat bahasa yang berubah. Secara umum, hakikat bahasa terletak pada (i) strukturnya (dimensi sinkronis) dan (ii) perubahan bahasa yang terus-menerus (dimensi diakronis). Linguistik komparatif sejarah, atau linguistik komparatif yang historis, adalah cabang  linguistik yang mempelajari perkembangan bahasa dari satu periode ke periode lain, mengamati perubahan bahasa dan mengkaji sebab dan akibat dari perubahan bahasa. Menurut Keraf (1996:22), linguistik sejarah komparatif adalah bidang linguistik yang mempersoalkan bidang waktu bahasa dan perubahan unsur-unsur bahasa yang terjadi dalam bidang waktu itu. Itu memeriksa data untuk satu atau lebih bahasa dari setidaknya dua periode waktu. 

               Selain itu, Parera (1991:22) mengungkapkan linguistik kesejarahan komparatif dengan membandingkan secara diakronis dua bahasa dari satu zaman ke zaman lain. Ini juga bertujuan untuk mengklasifikasikan bahasa ke dalam keluarga dan mencoba menemukan bahasa / protobahasa lama dari mana bahasa-bahasa ini berasal. Pateda (1994), linguistik sejarah komparatif membandingkan dua bahasa atau lebih  pada waktu yang berbeda untuk menentukan keterkaitan dan bahasa ibu atau bahasa lisan. Menurut Krisanjaya (2011: 4), tujuan utama linguistik komparatif sejarah adalah menemukan kesamaan bahasa dan rumpun kekerabatan. Linguistik komparatif historis adalah cabang linguistik yang mempelajari bahasa dan mencoba menemukan kesamaan antara unsur-unsur bahasa selama periode waktu tertentu. 

               Linguistik historis komparatif juga dikenal sebagai linguistik diakronis, yaitu kajian suatu bahasa untuk mengetahui perubahan, perkembangan, struktur bahasa, dan  hubungan antara suatu bahasa  dengan bahasa lain dalam rumpun yang sama (Yendra, 2018: 52).  Berdasarkan perspektif di atas, dapat disimpulkan bahwa linguistik historis komparatif adalah cabang linguistik yang mempelajari perubahan dan perkembangan unsur-unsur linguistik antar bahasa dan  masih memiliki hubungan linguistik sesekali.




Referensi :

Alwasilah. (1986). Linguistik suatu pengantar. Bandung: Angkasa.

Keraf, G. (1991). Linguistik Bandingan Historis. Jakarta: Gramedia.

Komentar

Postingan Populer